Sholawat Khidriyah KH. As'ad Syamsul Arifin

KH. As'ad Syamsul Arifin

Salah satu bacaan shalawat yang senantiasa disampaikan Al-Maghfurllah Al-Quthb KHR. As'ad Syamsul Arifin ialah Sholawat Khidriyah:

•• صلى الله على محمد ١٠٠ مرة

Shalawat tersebut setiap kali selesai shalat 5 (lima) waktu hendaknya dibaca 100x persis selepas salam sebelum posisi kaki berubah dari duduk tawarruk.

Menurut beberapa Kyai yang menerima ijazah langsung dari beliau diceritakan bahwa beliau Kyai As'ad Syamsul Arifin menerima shalawat tersebut dari Sunan Ampel.

Dikisahkan oleh Kyai Husni Amir Pamekasan, bahwa Maulana Rahmatullah (Sunan Ampel) pada suatu malam sekitar jam 23.00 ke atas "dawuh" jika Shalawat ini disebut  Shalawat Khidriyah karena Shalawat ini sering dibaca Nabiyallah Khidir AS. Oleh karena itu jika mengamalkan Shalawat ini harus kirim Surat Al-Fatihah (tawassul) kepada:

  1. Nabi dan Rasulullah Muhammad SAW
  2. Nabiyallah Khidir Balyan bin Malkan As.
  3. Maulana Rahmatullah Sunan Ampel
  4. KHR. As'ad Syamsul Arifin

Al-Mukarram KH. Yazid Karimullah mengatakan bahwa begitu kita selesai membaca Shalawat tersebut, hendaknya kita langsung bermunajat dalam hati, "Yaa Rasulullah, hamba dalam keadaan............".

Sedangkan sebagian Fadhilahnya, menurut Al-Mukarram KH. Zainullah Johar adalah:

  1. Mudah untuk sampai ke Makkah dan Madinah
  2. Diberi Rejeki yang lancar dan bancar
  3. Kelak Baginda Rasulullah SAW akan hadir di saat kita menghadapi sakaratul maut
 واجزم نيتك لطلب رضاالله
"Kokohkan niatmu untuk mencari Ridla Allah SWT."

Monggo mumpung malam Jum'at Shalawat Khidriyah ini sama-sama kita amalkan sebagai Thariqah (penyambung ruhani) diri kita dengan Baginda Rasulullah SAW dengan wasilah KHR. As'ad Syamsul Arifin. Amiin

Sumber: KH. Ahmad Azaim Ibrahimy

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel