Bacaan ‘Wa Bihamdihi’ Dalam Ruku’ dan Sujud

ruku sholat

Pertanyaan
Ketika kami melakukan salat, bacaan dalam ruku’ dan sujud ada tambahan lafadz ‘wa bi hamdihi’. Kemudian ada yang menyalahkan bahwa katanya lafadz tersebut tidak ada dalam hadis dan hanya ada dalam kitab-kitab kuning. Benarkah demikian dalam keterangan ilmu fikih? Terima kasih. Abdul Mujib Sby

Jawaban
Bapak Mujib yang kami hormati.
Bacaan dalam ruku’ dan sujud ada dua riwayat dari Rasulullah Saw, sama seperti bacaan iftitah. Dalam beberapa riwayat seperti Imam Bukhari dan Muslim berupa “Subhana Rabbi al-‘Adzimi” dan “Subhana Rabbiya al-A’la” tanpa ada lafadz ‘Wa bi hamdihi’. Namun dalam riwayat lain ada tambahan lafadz ‘Wa bi hamdihi’, seperti dalam Sunan Abu Dawud No 870 Sunan Daruquthni No 1308, dll. Dengan demikian tambahan lafadz ‘wa bi hamdihi adalah bersumber dari hadis Rasulullah, bukan dari ulama.

Terkait penilaian bahwa hadis ini dlaif, maka riwayat ini memiliki banyak jalur. Bahkan kalimat ‘wa bi hamdihi’ tercantum dari riwayat sahih dari Aisyah bahwa Rasulullah Saw selalu memperbanyak doa dalam ruku’ dan sujudnya: “Subhanakallahumma rabbana wa bi hamdika” (Aun al-Ma’bud, Syarah Sunan Abi Dawud III/122)

Ustadz Ma'ruf Khozin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel