Benarkah Sahabat Ibnu Mas'ud Melarang Dzikir Berjamaah?

dzikir berjamaah

وَأَمَّا ما نُقِلَ عن ابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّهُ رَأَى قَوْمًا يُهَلِّلُونَ بِرَفْعِ الصَّوْتِ في الْمَسْجِدِ فقال ما أُرَاكُمْ إلَّا مُبْتَدِعِينَ حتى أَخْرَجَهُمْ من الْمَسْجِدِ فلم يَصِحَّ عنه بَلْ لم يَرِد
.
Mengenai apa yang dinukilkan dari sahabat Ibnu Mas`ud bahwa beliau melihat suatu kaum bertahlil dengan suara keras di masjid kemudian berkata, Aku yakin kalian adalah ahli bid`ah. Kemudian beliau mengusir mereka dari masjid. Atsar ini tidak benar berasal dari beliau (Ibnu Mas'ud) dan tidak datang yang seperti itu.

Imam Syihabuddin Ibnu Hajar al Haitami al Fatawa al fiqhiyah al kubra jilid 1 halaman 177 .

وما ذكر في الواقعات عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما اراكم إلا مبتدعين حتى أخرجه من المسجد لا يصح عند الحفاظ من الأئمة المحدثين وعلى فرض صحته هو معارض بما يدل على ثبوت الجهر منه رضي الله تعالى عنه مما رواه غير واحد من الحفاظ أو محمول على الجهر البالغ.
Dan adapun apa di sebutkan dalam peristiwa dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid , lalu beliau berkata, tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah sehigga beliau mengeluarkan mereka dari masjid, maka atsar ini TIDAK SHAHIH menurut para hufadz dari para Imam Muhaddist, dan seandainya shahih, maka ia bertentangan dengan hadis yang menunjukan atas tetapnya dzikir keras dari ibnu masud dari hadis yang di riwayatkan oleh lebih dari satu orang dari kalamgam hufadh ,atau kemungkinan larangan tersebut di tujukan terhadap orang yang sangat mengeraskan suara dzikirnya.

Imam Syihabuddin Al Alusi ruhul maani Juz 6 halaman 163

Sehingga ucapan kaum yang berdalil dengan riwayat Dusta tersebut tak lain dan tak bukan sebuah fitnah terhadap masyarakat muslim yang melaksanakan Zikir Jamaah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel