Apa Sih Tipikal Warga NU?

NU adalah singkatan dari Nahdlatul Ulama, kebangkitan ulama. Organisasi keagamaan ini tidak sama dengan organisasi lain atau perkumpulan lain.

Kalau organisasi guru, anggotanya semua guru. Organisasi advokat, isinya pengacara semua. Perkumpulan artis, pesertanya artis semua. Dan seterusnya.

NU beda. NU tidak sama. Namanya memang organisasi para ulama. Ulamanya saja beda-beda, ada tegas, kalem, tenang dan sebagainya. Bahkan isinya terdiri dari banyak profesi, marga, ras, daerah. Yang jelas Islam semua. Mengapa bisa demikian? Sebab sejak awal Rais Akbar Hadlratusy Syaikh KH Hasyim Asy'ari menegaskan dalam khutbah Qanun Asasi NU:

فَهَلُّمُوْا كُلُّكُمْ وَمَنْ تَبِعَكُمْ جَمِيْعًا مِنَ اْلفُقَرَاءِ وَاْلاَغْنِيَاءِ وَالضُّعَفَاءِ وَالاَقوِيَاءِ اِلَى هَذِهِ اْلجَمْعِيَّةِ اْلمُبَارَكَةِ اْلمَوْسُوْمَةِ بِجَمْعِيَّةِ نَهْضَةِاْلعُلَمَاءِ. وَادْخُلُوْهَا بِاْلمَحَبَّةِ وَاْلوِدَادِ وَاْلأُلْفَةِ وَاْلاِتِّحَادِ. وَاْلإِتِّصَالِ بِأَرْوَاحٍِ وَأَجْسَادٍ.

"Marilah Anda semua (Para ulama yang mengikuti 4 Madzhab) dan segenap pengikut Anda dari golongan para fakir miskin, para hartawan, rakyat jelata dan orang-orang kuat, berbondong-bondong masuk Jam’iyyah yang diberi nama “Jam’iyyah Nahdlatul Ulama” ini. Masuklah dengan penuh kecintaan, kasih sayang, rukun, bersatu dan dengan ikatan jiwa raga."

Jika Anda memvonis kyai-kyai NU keras semua, kurang tepat. Kyai-kyai NU longgar semua, juga tidak tepat. Intinya, dinamika perbedaan dalam Islam secara global bisa Anda jumpai di NU.

Ma'ruf Khozin, warga NU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel